No Volveran Inspirasi Bagi Serikat Buruh

Sebuah film dokumenter No Volveran kali ini diputar di Jombang, sebuah kota kecil di Jawa Timur. Film itu merekam perjuangan rakyat Venezuela saat merebut haknya sebagai warga negara dari tangan kekuasaan yang korup. Di bawah kepemimpinan Hugo Chavez, rakyat Venezuela bergerak menuju cita cita masyarakat sosialis. Film No Volveran yang dibuat oleh para aktivis Hands off Venezuela internasional menyuguhkan inspirasi bagi perjuangan buruh melawan kapitalisme.

Sejumlah buruh dan mahasiswa dari Serikat Perjuangan Mahasiswa (SPM) dan Solidaritas Buruh Jombang (SPBJ) dengan seksama menyaksikan jalan revolusi yang ditempuh rakyat Venezuela yang berakhir dengan kemenangan gemilang secara konstitusional. Film itu diputar di aula Universitas Darul Ulum Jombang (UNDAR) pada 12 April lalu. Sebelumya film itu telah diputar di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta dan Bandung

Pemutaran film itu hendak menyampaikan semangat kepada kawan-kawan buruh untuk tidak ragu dalam membangun serikat buruh sebagai alat perjuangan dalam melepaskan diri dari kesewenangan pemilik modal.

Andy Irfan Junaidy, sekretaris jendral Komite Pusat Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia dalam diskusi usai pemutaran film menegaskan, berserikat adalah satu keharusan bagi buruh sebagai alat untuk memperkuat perjuangan buruh, ini bisa dilihat dari pengalaman kawan-kawan buruh di Venezuela yang berhasil melakukan okupasi terhadap perusahaan sebagai langkah menuju cita-cita sosialisme.

Penting bagi kita untuk melihat film ini sebagai bahan perjuangan buruh, tentunya dengan memahami kondisi ekonomi politik di Indonesia yang sama sama dijajah oleh kaum pemodal. Demikian pula situasi politik elektoral di Indonesia yang disetir oleh kepentingan kapitalisme global.

Proses revolusi di Venezuela bisa menjadi inspirasi bagi kita yang meneriakkan revolusi sebagai satu jalan perubahan yang pasti. Kita akan melangkah menuju gerbang perubahan dengan terus meniti jalan panjang perjuangan kelas pekerja menuju cita-cita sosialisme di Indonesia.

Fakta di Venezuela kemudian menjawab keragu-raguan khususnya bagi para buruh di Jombang yang selama ini masih takut untuk berserikat. Perjuangan buruh tidak bisa dilakukan sendirian.

Dalam sesi terakhir diskusi, Andy mengajak kawan-kawan yang hadir dalam acara itu untuk turut serta terlibat dalam proses pembangunan Hands off Venezuela di Indonesia dan bersolidaritas untuk revolusi di Venezuela. (HOV Indonesia)

Leave a Response