Tiga pimpinan serikat buruh dibunuh di Aragua – Pernyataan HOV Internasional

Oleh Hands Off Venezuela

Senin, 01 Desember 2008

Tiga anggota serikat buruh terkemuka dibunuh di Aragua, Venezuela, pada Kamis malam tanggal 27 November. Salah satu dari mereka adalah koordinator UNT di Aragua, dan yang lain adalah direktur serikat buruh di Pepsi-Cola, dan orang yang ketiga, sering terlibat dalam isu-isu kesehatan dan keselamatan. Mereka bertiga telah menghabiskan hari untuk membantu para buruh di Alpina, sebuah perusahaan susu yang dimiliki oleh perusahaan Kolombia, dimana para buruh disana sedang berjuang dan telah diserang secara brutal oleh polisi setempat. Didalco Boliviar, gubernur yang sebelumnya dipilih dengan tiket Bolivarian telah membangkang dan kemudian bergabung dengan oposisi. Dia digantikan pada hari Minggu tanggal 23, saat calon dari PSUV, Rafael Isea, menang Pilkada di Aragua.

Metode yang digunakan untuk membunuh tiga anggota serikat buruh ini adalah metode sicariato (pembunuhan politik lewat pembunuh bayaran), yang seringkali digunakan di Kolombia untuk membunuh para aktivis serikat buruh.

Hari Jumat, ribuan buruh berhenti kerja dan memblokade jalan-jalan di Aragua, dan pada hari Sabtu beribu-ribu buruh hadir di prosesi pemakaman.

Semua ini terjadi dengan latar belakang meningkatnya provokasi dari aktivis-aktivis sayap kanan yang menyerang program-program dari pemerintah Bolivarian (Misiones) di daerah-daerah yang mana oposisi memenangkan pemilihan umum daerah (Miranda, Bolivar , dan Tachira).

Pernyataan Hands Off Venezuela

Kampanye Hands off Venezuela telah mendengar berita pembunuhan 3 anggota serikat buruh terkemuka di Aragua, Venezuela, pada tanggal 27 November. Ricard Gallardo, Luis Hernandez dan Carlos Requena, dibunuh pada petang hari setelah mereka baru saja kembali dari mendukung perjuangan kaum buruh di perusahaan Alpina, yang menghadapi represi yang berat dari polisi.

  • Kami mengutuk pembunuhan brutal ini.
  • Kami mengirim pernyataan belasungkawa dan solidaritas untuk keluarga, teman dan para kamerad anggota serikat buruh yang telah gugur.
  • Kami meminta pemerintah Venezuela untuk memastikan bahwa mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut, ditangkap dan dibawa ke pengadilan, dan tidak ada seorangpun yang bisa lolos dari hukuman atas kejahatan ini

Terluka satu, cedera untuk semua!

Hidup Revolusi Bolivarian!

Hidup Solidaritas Internasional!

John McDonnell MP, Jeremy Dear NUJ general secretary, joint presidents of the Hands Off Venezuela campaign
___________________________

Diterjemahkan dari www.handsoffvenezuela.org oleh HOV Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *