Pertemuan Luar Biasa ALBA

HOV Indonesia

Istana Presiden Miraflores, Caracas – Pada hari Rabu pagi, tanggal 26 November 2008, wakil-wakil dari negara-negara anggota ALBA (America Latina Bolivarian Alternative; Alternatif Bolivarian untuk Amerika Latin) tiba di Istana Presisden Miraflores untuk menghadiri Pertemuan Luar Biasa ALBA yang diprakarsai oleh Presiden Venezuela Hugo Chavez guna bertukar gagasan dan membuat suatu usulan dalam rangka menyikapi krisis keuangan global.

Pertemuan ini dihadiri oleh Presiden Venezuela Hugo Chavez dan kawan karibnya dari Bolivia Evo Morales, Nicaragua Daniel Ortega, Honduras Manuel Zelaya, Dominica Roosevelt Skerrit, Kuba Ricardo Cabrisas, dan Presiden Ecuador, sebagai tamu, Rafael Correa.

Presiden Chavez telah mengumumkan pertemuan tingkat tinggi ini pada hari Jumat tanggal 14 November lalu. Chavez mengatakan bahwa ia bersama kabinetnya sedang bekerja keras dan mendiskusikan berbagai persoalan dengan para kepala daerah (negarabagian) guna mencari solusi dan mengambil langkah-langkah preventif untuk menghadapi krisis keuangan dunia.

Selanjutnya, Chavez menekankan bahwa solusi atas krisis global ini tidak akan datang dari pasar bebas, tetapi dari jalan alternatif lain.

ALBA adalah proposal integrasi yang diprakarsai oleh Venezuela dan Kuba dan dibentuk pada tanggal 14 Disember 2004 di Havana, Kuba. ALBA adalah sebuah kelompok yang diintegrasi dengan tujuan-tujuan sosial dan membangun masa depan Amerika Latin yang sejahtera sebagai kekuatan yang mampu menjalankan model perekonomian sendiri di tengan dunia yang mengglobal melalui strategi ekonomi alternatif (Jesus).

_________________________________________________

Presidential Press Office / November 26, 2008


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *