Kemenangan Bolivarian di 17 Pemilihan Gubernur

Presiden Venezuela Hugo Chavez mengakui perolehan kemenangan oleh partai-partai oposisi di beberapa negarabagian dan mendorong mereka untuk memiliki sikap demokratis dan tidak menyerang Pemerintah lagi.

Chavez menegaskan bahwa Bolivarian telah memenangkan di 17 pemilihan gubernur, sebuah fakta dimana telah digelar kembali peta jalan kaum merah. Dia mengatakan bahwa kemenangan-kemenangan ini merupakan “konstruksi dari sosialisme, dan kita harus membangunnya lebih sungguh.”

Pemimpin Bolivarian itu menyampaikan ucapan selamat kepada “para pemenang dari kelompok oposisi, dan berharap mereka tidak melakukan kesalahan fatal seperti kesalahan yang telah mereka buat pada tahun 2001, 2002, 2003, ketika Gubernur Miranda dan Gubernur Caracas, juga para gubernur lain dan para wali kota, menyerang rakyat, Republik, dan perdamaian dengan mengibarkan bendera fasisme.”

Presiden Hugo Chavez menyerukan untuk membangun demokrasi. “Saya, sebagai kepala pemerintahan; saya, sebagai presiden Partai Persatuan Sosialis Venezuela, bersama-sama dengan kamerad-kamerad saya, mengakui kemenangan kalian dan mendorong kalian untuk memiliki sikap yang demokratis. Saya berharap kalian bertekun diri untuk memahami rakyat, memerintah dengan transparansi, tulus hati dan respek terhadap Pemerintah Pusat, pemerintah kotamadya dan institusi-institusi negara yang lain. Jika kalian semua melakukan hal demikian, kalian pantas mendapat penghormatan; tetapi jika tidak, Konstitusi akan dijatuhkan di atas kalian.”

Presiden Chavez mengatakan bahwa ini saat yang tepat untuk mengatakan dan menegaskan hal ini karena mereka adalah “para gubernur dan walikota yang berpotensi untuk melakukan konspirasi dan membuka pintu terhadap intervensionisme asing; mereka juga berpotensi untuk merangkul pejabat-pejabat yang terlibat dalam kup militer dan paramiliter dari Kolimbia.”

“Kepada Gubernur baru Miranda, Zulia dan Nueva Esparta, saya, sebagai kepala negara, mengucapkan selamat atas kemenangan anda dan mengharapkan kepada anda untuk mengakui Kepala Pemerintahan, yakni Konstitusi dan rakyat,” tegas Chavez.

Demikian juga, “saya mengakui kemenangan Gubernur baru Caracas. Saya berharap dia tidak mengulang lagi jalan kup; saya berharap mereka bisa menunjukkan sikap respek terhadap rakyat dan patuh terhadap Konstitusi, dan memang demikianlah yang seharusnya kita lakukan.”

Presidential Press Office / November 24, 2008
__________________________________

Diterjemahkan dari Australia Venezuela Solidarity Network oleh HOV Indonesia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *