Peluncuran Kampanye Hands Off Venezuela – Indonesia Diberitakan di Seluruh Amerika Latin

Oleh Ted Sprague

Acara peluncuran kampanye Hands Off Venezuela di Indonesia pada tanggal 28 Maret lalu bukan hanya menjadi berita di antara aktivis-aktivis lokal dan global, ia juga diberitakan secara publik di seluruh Amerika Latin oleh stasiun Televisi Pan-Amerika Latin, Telesur [1]. Stasiun Telesur merupakan media alternatif Amerika Latin untuk melawan media imperialis seperti CNN. Diprakarsai oleh inisiatif dari Presiden Chavez, stasiun TV ini merupakan kerja sama antara 7 negara (Venezuela, Kuba, Argentina, Bolivia, Ekuador, Nikaragua, dan Uruguay) dan ditayangkan di lebih dari 15 negara. Tidak diragukan bahwa puluhan juta rakyat Amerika Latin menyambut berita peluncuran HOV-Indonesia dengan sorak gembira.

Pemberitaan kampanye HOV-Indonesia di seluruh Amerika Latin adalah sebuah pencapaian yang besar bagi aktivis-aktivis HOV. Puluhan juta rakyat Amerika Latin sekarang tahu bahwa ada sebuah gerakan solidaritas di Indonesia . “Kita tidak sendiri!”, begitulah sorak mereka. Gerakan revolusioner di Amerika Latin sudah menjadi inspirasi bagi rakyat tertindas di Indonesia, dan sekarang gerakan rakyat di Indonesia akan menjadi inspirasi juga bagi perjuangan di Amerika Latin.

Kapitalisme, sebagai sebuah sistem sosial-ekonomi yang global, harus dilawan dengan sebuah gerakan sosial yang global. Tidak ada lagi ruang untuk perjuangan yang hanya bersifat nasional, atau perjuangan yang hanya bersifat kedaerahan. Ini bukan berarti kita akan mengabaikan perjuangan di dalam negeri kita masing-masing, tetapi kita justru akan membawa perjuangan lokal kita ke level yang lebih tinggi dengan mengkaitkannya dengan prinsip internasionalisme. Dan prinsip internasionalime ini jangan hanya bersifat abstrak, ia harus dikonkritkan dengan pembentukan organ perjuangan yang bersifat internasional dimana aktivis-aktivis dari seluruh dunia dapat secara konkrit mengorganisir sebuah perlawanan.

Disinilah kampanye Hands Off Venezuela dapat memainkan peran yang penting dalam mengkonkritkan prinsip internasionalisme. Kampanye HOV di Indonesia bisa menjadi wadah untuk menghubungkan dan menyatukan organisasi-organisasi perjuangan di Indonesia (seperti PRP, KPRM-PRD, IGJ, SMI, dll) dengan organ-organ di Venezuela seperti FRETECO (Front Buruh Revolusioner Okupasi Pabrik), PSUV (Partido Socialista de Venezuela, Partai Persatuan Sosialis Venezuela), FNCEZ (Front Petani Nasional Ezequiel Zamora), dll; juga dengan organ-organ perjuangan di Brazil, Argentina, Ekuador, dll. Sosialisme abad ke-21 akan menjadi sosialisme yang mendunia.

Terus Maju Kawan!

___________________________________

[1] Campaña ”Manos Fuera de Venezuela” llega hasta Indonesia , http://www.aporrea.org/venezuelaexterior/n111844.html

One thought on “Peluncuran Kampanye Hands Off Venezuela – Indonesia Diberitakan di Seluruh Amerika Latin”

  1. Pingback: Dr. Riekeyword

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *