About HOV

Mengenai Kampanye Hands Off Venezuela – Indonesia

Hands Off Venezuela – Indonesia adalah kampanye solidaritas internasional yang diluncurkan di Indonesia pada bulan Maret 2008 (Peluncuran HOV Indonesia disambut antusias). Kampanye ini mempunyai misi untuk membela Revolusi Bolivarian di Venezuela, yang sedang memperjuangkan cita-cita sosialisme.

HOV Indonesia dan Media

Salah satu aktivitas utama HOV Indonesia adalah memerangi media kapitalis internasional yang telah melakukan pemfitnahan terhadap Revolusi Venezuela dan menyebarkan kebohongan mengenai apa yang sebenarnya sedang terjadi di Venezuela. Selain polisi, tentara, dan hakim-hakim mereka, kelas penguasa juga menggunakan media sebagai alat penindas mereka dengan membodohi rakyat pekerja supaya mereka saling bertengkar dengan saudaranya masing-masing. HOV Indonesia, maka dari itu,  adalah medium untuk memerangi kebohongan media kapitalis dan menyebarkan pengalaman-pengalaman rakyat Venezuela dalam perjuangan mereka untuk membangun sosialisme.

HOV Indonesia melakukan beragam aktivitas, seperti:

1.    Pemutaran film dokumenter
Sejumlah film dokumenter mengenai Venezuela (No Volveran, Revolution will not be televised) telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan ditayangkan di banyak kota di Indonesia. Penayangan film dokumenter ini telah memberikan banyak informasi yang penting bagi publik mengenai proses perubahan di Venezuela

2.    Panel diskusi publik
HOV Indonesia telah mengadakan pertemuan-pertemuan publik di kampus, pabrik, dan komunitas-komunitas untuk mendiskusikan pengalaman perjuangan rakyat Venezuela, dari topik mengenai misi-misi sosial di Venezuela, pembentukan dewan komunal, kontrol buruh, okupasi pabrik, dsb.

3.    Penulisan artikel berita dan opini
HOV Indonesia memuat artikel-artikel (yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia) dari gerakan akar-rumput di Venezuela, yang memberikan pandangan alternatif mengenai apa yang terjadi di Venezuela. Selain itu, aktivis-aktivis HOV Indonesia juga menulis artikel berita dan opini untuk memperkaya diskusi mengenai proses Revolusi Venezuela.

HOV Indonesia dan gerakan buruh

Gerakan buruh adalah tulang punggung dari Revolusi Venezeula, dan oleh karena itu, HOV Indonesia juga membangun solidaritas dan hubungan kerja antara gerakan buruh Indonesia dengan Venezuela. Pemutaran film dan diskusi publik di basis-basis buruh di Indonesia adalah satu dari beragam aktivitas yang dilakukan oleh HOV Indonesia untuk menyatukan buruh Indonesia dan Venezuela. Pengalaman okupasi pabrik dan kontrol buruh di Venezuela dapat dijadikan pelajaran untuk gerakan buruh Indonesia.

Menjadi sukarelawan HOV Indonesia

Kampanye HOV Indonesia adalah sebuah kampanye terbuka bagi individu dan organisasi-organisasi yang setuju dengan prinsip kampanye HOV, yakni: Solidaritas dengan Revolusi Bolivarian, oposisi terhadap intervensi imperialis di Venezuela, dan membangun hubungan dengan gerakan revolusioner dan gerakan serikat buruh di Venezeula.

Bila anda ingin menjadi bagian dari kampanye HOV Indonesia, silahkan hubungi hovindonesia@yahoo.com , proletariat_resistance@yahoo.com , nop2_proletar@yahoo.co.id atau menelepon 085883979761 (Jesús SA) dan 085648049395 (Yohana).

Anda dapat membantu kami dengan cara:

1.   Mengorganisasi pertemuan publik di lingkungan atau organisasi anda

2. Mengadakan pemutaran film dokumenter mengenai Venezuela

3. Membantu menerjemahkan dan menulis artikel-artikel mengenai Venezuela

4.   Membentuk komite HOV Indonesia di daerah anda atau di dalam organisasi anda

Mengenai Hands Off Venezuela Internasional

Kampanye Hands Off Venezuela dibentuk pada bulan Desember 2002. Pada saat itu, kelompok oposisi reaksioner Venezuela telah meluncurkan satu usaha lagi untuk menggulingkan pemerintahan Hugo Chavez dan mengakhiri revolusi Bolivarian. Sebuah kelompok petinggi-petinggi militer yang reaksioner telah berkumpul di Altamira Square, di wilayah-wilayah kelas menengah dan kaum kaya di Caracas Timur dan membuat sebuah panggilan untuk “boikot”. Pada saat yang sama, pada tanggal 3 Desember, kelompok oposisi telah mengeluarkan sebuah seruan “mogok kerja nasional tanpa batas waktu”. Pada kenyataannya, ini adalah lock-out para bos-bos (baca Venezuela: Opposition “strike” or bosses lock out?). Manajer-manajer dan direktur-direktur perusahaan minyak negara PDVSA yang bergaji tinggi secara serentak mengorganisir sabotase terhadap industri tersebut dengan tujuan untuk melumpuhkan negara.

Semua ini disertai dengan sebuah kampanye yang penuh dusta dan informasi yang keliru dari media Venezuela dan internasional. Mereka menyiarkan berita bahwa di Venezuela ada sebuah “rejim” otoriter yang sudah menjadi semakin tidak populer dan sedang dilawan dengan mogok kerja umum dan gerakan massa sebagai bagian dari oposisi “demokratis”.

Oleh karena itu, Alan Woods, editor In Defence of Marxism, mengeluarkan sebuah seruan untuk membela revolusi Bolivarian, untuk menentang intervensi Amerika di Venezuela dan untuk memastikan bahwa serikat buruh dan gerakan buruh di seluruh dunia dapat memperoleh informasi yang benar mengenai apa yang sebenarnya sedang terjadi di Venezuela (baca HANDS OFF VENEZUELA! An appeal to the international Labour Movement)

Seruan ini dengan segera didukung oleh Jeremy Dear (sekretaris jendral British National Union of Journalists) dan sejumlah pemimpin-pemimpin penting serikat buruh di Inggris lainnya. Kampanye ini dengan cepat menyebar ke negara-negara lain di Eropa, Amerika Utara, Asia, dan Afrika (lihat signatures page). Sekarang, kampanye ini memiliki pendukung di lebih dari 30 negara di dunia.

Tanpa mengenal lelah, kami telah mengorganisir aktivitas-aktivitas solidaritas dengan revolusi Bolivarian melalui pertemuan-pertemuan publik, penayangan-penayangan film dokumenter, mengangkat isu ini di dalam gerakan serikat buruh di negara-negara lain, mengorganisir tur-tur untuk pembicara, mendorong resolusi-resolusi di parlemen, dan mengirim delegasi solidaritas ke Venezuela.

Aktivitas kampanye ini telah diakui oleh president Chavez sendiri (baca Chavez backs Hands Off Venezuela campaign), dan wakil-wakil dari Hands Off Venezuela tampil secara menyolok di Pertemuan Sedunia Untuk Solidaritas Dengan Revolusi kedua pada bulan April 2004.

Prinsip-prinsip dasar dari Kampanye ini adalah:
– Solidaritas dengan Revolusi Bolivarian
– Oposisi terhadap intervensi imperialis di Venezuela
– Membangun hubungan dengan gerakan revolusioner dan gerakan serikat buruh di Venezuela

Leave a Response